Alat Sortir
ALAT SORTIR
Alat sortir adalah alat yang digunakan untuk memisahkan surat yang diterima. Alat ini digunkan dalam proses penanganan surat masuk dan surat keluar sesuai dengan kepentingan masing-masing.
Alat sortir mempunyai berbagai bentuk dan bahan . Ada yang berbentuk rak, kotak, bertingkat, dan sebagainya. Alat sortir ini dapat dibuat dari berbagai bahan, misalnya logam, kayu, plastik atau karton. Alat sortir ini ada pada bagian pengarah dan penyortiran di lakukan oleh pengarah.
Baki Surat/Paper Tray:
Cara menyortir suart sebagai berikut:
1. Surat di terima oleh penerima surat
2. Surat di agendakan oleh agendari pada buku agenda
3. Sebelum surat di berikan kepada arsiparis, surat di sortir terlebih dahulu sesuai dengan kepentingannya atau sesuai dengan disposisi pimpinan
4. Apabila surat tersebut hanya di balas, maka di letakkan pada bagian 1 yaitu bagaian atas
5. Apabila surat tersebut tergolong pada surat penting dan hanya di simpan, maka di letakkan pada bagaian nomor 2 atau bagian tengah
6. Apabila surat tersebut harus di balas dana tergolong surat penting dan harus di simpan, maka di letakkan pada bagian ke 3 atau bagian bawah
7. Setelah selesai menyortir, pengarah langsung mengarahkan surat sesuai dengan hasil sortiran.
Komentar
Posting Komentar